Menghapus linux dari dual boot Ubuntu 10.10 dan Windows 7

Beberapa waktu yang lalu saya coba install dual boot Linux Ubuntu 10.10 Maverick dan Window 7  di laptop Axioo saya, Ya walaupun dengan susah payah mencoba menginstal akhirnya berhasil juga, kenapa susah?? “ Gini cerita nya laptop yang saya menggunakan Chipset SIS M672 nah dari beberapa referensi yang saya dapat linux paling bandel jika disandingan dengan laptop yang memakai Chipset SIS, tapi setelah berusaha akhirnya berhasil juga menjalankan instalan linux”. Tapi tidak sampai disitu saja ceritanya... ternyata eh ternyata ..... setelah saya restart Linux yang baru saja saya instal GATOT alias Gagal Total sistem linux tidak dapat dijalankan saat booting, yang muncul malah pesan Error...Error gitu.... Jadinya ya saya kesal nah saya memutuskan akan menghapus Linux saya untuk sementara, sambil mencari cara menginstal Linux Ubuntu di Laptop Axiio saya. Nah masalah terjadi saat saya ingin meremove ubuntu dari laptop. Masalahnya boot loader yang di pakai saat booting awal menggunakan bootloader milik Linux, berdasarkan pengalaman otomatis jka saya remove langsung Ubuntunya tanpa ada konfigurasi ya bootloadernya ilang dan saya malah gak bisa masuk ke sistem Windows 7 saya nantinya. Tetapi saya tidak menyerah, langsung buka Firefox dan langsung dah akses mesin pencari terhandal “GOOGLE”, heheheheheh....

            Setelah browsing melanglang buana di dunia maya dengan bermacam keywoed yang berhubungaan akhirnya.... Jreengg!!!! Ketemu apa yang saya cari-cari, “ Cara mengahapus Linux dari Dual Boot”. Kalo ada yang mengalami kasus yang seperti saya alami berikut langkah-langkah yang harus lakukan (100% berhasil terbukti ampuh) :

Pada kasus seperti ini yang kita butuhkan adalah DVD instalasi windows 7 . Saya harap agan-agan sekalian baca hingga selesai terlebih dahulu langkah-langkah berikut ini.

1.      Booting komputer dari CD/DVD
2.      Pada menu Repair masuk ke pilihan Command Prompt.
3.      Untuk menghapus bootloader Linux  pada saat booting, ketikkan
-->bootsect /nt60
4.      Dan untuk mengembalikan bootloader  primary pada windows 7, ketikkan lagi command     bootrec /fixmbr
5.      Kemudian restart komputer.

            Dengan langkah diatas command pada cmd menu repair befungsi agar  booting hanya  berlaku untuk bootloader  primary windows 7 saja. Jadi tidak perlu memilih OS lagi pada loader  ubuntu karena komputer akan langsung memproses windows 7.  
Eit... Tapi belum selasai sampai disni saja, sistem dan file-file di pastisi tempat menginstal Linux Ubuntu masih . Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan Disk Management yang ada pada windows 7 agar semua drive yang ada akan muncul. Beikut langkah-langkah nya

1.      Start, kemudian klik kanan pada Computer dan klik Manage. Note : Anda harus mengakses komputer sebagai administrator
2.      Untuk menghapus seluruh file Ubuntu, pada menu Disk Management klik kanan pada drive tempat Ubuntu diletakkan dan pilih Delete Volume
3.      Drive yang kita delete tersebut belum bisa kita gunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, klik kanan pada drive tersebut dan klik New Simple Volume
4.      Klik Next, dan tetapkan kapasitas yang akan digunakan, jika ingin menggunkan seluruh kapasitas drive langsung klik Next
5.      Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
6.      Pada Volume label tuliskan nama untuk drive tersebut, kemudian Next dan Finish.


Itulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengembalikan sistem saya menjadi seperti yang saya harapkan dan harapan saya semoga artikel ini dapat bermafaat dan membantu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

eMachines Mini-e ER1402 PC Dekstop Kecil dengan Desain Futuristik & Harga Murah